Selasa, 19 Maret 2013

BELAJAR PUASA YUK...!!!

BELAJAR PUASA YUK…!!!


Alhamdulillah, dah lama nggak puasa dan bru nyoba mulai belajar puasa lagi ternyata rasanya NIKMAT banget. Jadi teringat dulu saat masih bisa rutin puasa, dan mungkin rasa NIKMAT ini yang bisa membuatku istiqomah (dulunya, dan semoga sekarang pun bisa istiqomah lagi, aamiin). 

Any way, cuma sekedar ajakan aja, khususnya buat diriku sendiri dan mungkin bagi sahabat semua yang mau mengikuti,  monggo. Cause puasa itu selain nikmat (klo bisa ngrasain bener-bener), ternyata juga banyak manfaatnya koq, but untuk bisa dapetin itu semua juga nggak gampang and nggak asal-asalan aja. Puasa koq nikmat, bukannya malah banyak nggak enaknya ya? Klo dinilai sepintas emang sih banyak nggak enaknya, tpi itu klo cuma dilihat dari pengertiannya aja. Lha emang pengertian puasa itu apa sih? Kalau seingetku sih dulu pas masih sekolah diterangin bu guru kaya gini, “Puasa artinya menahan diri dari makan dan minum serta hawa nafsu dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.” But klo emang kita bisa menjalankan dengan sungguh-sungguh pasti bakal ngrasain nikmatnya dapat banyak manfaat.

Nih beberapa manfaat dari puasa, dan yang paling terkenal adalah banyaknya manfaat kesehatan yang didapat dengan berpuasa antara lain : puasa dapat mencegah timbulnya penyakit dan gangguan kesehatan akibat kebiasaan makan berlebihan (caution buat yang doyan makan terus, hehe..), puasa juga bisa sebagai ajang istirahatnya organ-organ pencernaan kita, sehingga tidak mudah rusak dan terjadi gangguan atau kena penyakit, dan puasa juga berperan dalam pergantian sel-sel tubuh  dan peremajaan komponen-komponen sel dasar. Selain itu puasa juga membantu untuk mengeluarkan racun-racun yang berada dlam tubuh, karena saat yang paling efektif untuk itu adalah saat konsumsi makanan sangat minim sehingga racun yang dikeluarkan bisa maksimal. (WOW, ternyata banyak ya manfaat dari puasa). Sebetulnya masih banyak lagi manfaat puasa bagi kesehatan, mungkin bisa sahabat tanyakan pada mbak Google ato cari dari referensi lain. 

Selain itu yang lebih WOW lagi puasa dapat mencegah dan mengobati GALAU (khususnya tentang CINTA dan terutama pada yang masih bujang, hehe…). Koq bisa??? Seperti pada hadits nabi, Rosululloh SAW bersabda, “ Wahai para pemudapara pemuda barang siapa diantara kamu sudah mampu (member nafkah) hendalah ia menikah, karena sesungguhnya menikah itu lebihdapat menahan pandagan dan menjaga kemaluan. Dan barang siapa yang belum mampu 9untuk menikah) maka hendaklah ia berpuasa, karena puasa itu  dapat menjadi penawar bagi nafsu.” HR. Muslim. Tuh dah jelaskan, jadi klo kita masih sering GALAU apalagi galunya tentang percintaan maka kita dianjurkan untuk banyak-banyak berpuasa agar dapat menahan nafsu dan GALAU pun MINGGAT, (koq nyambung-nyambung tentang nikah sih?? Hehe, gpp lah dikit” nyinggung masa depan juga, kan yang penting tau maksudnya ^^). Because GALAU biasanya di sebabkan oleh perasaan yang sedang diselimuti nafsu, jadi klo nafsu bisa di kontrol, maka GALAU pun tak pernah akan HINGGAP. (very recommended nih buat para remaja yang masih sering galau, hehe..)

So hikmah apa yang dapat kita ambil? Jadi hikmah dari puasa sebenernya adalah melatih diri untuk dapat mengontrol segala hawa nafsu yang memang sudah secara kodrat ada pada setiap diri manusia, karena dengan dapat mengontrol hawa nafsu itu kita akan dapat merasakan nikmat yang lebih dan juga membawa banyak manfaat bagi diri kita pribadi (yang mau melaksanakan). Dan dalam menjalankan puasa pun harus sungguh-sungguh jangan asal-asalan atau cuma nahan makan dan minum tapi nafsu masih di umbar, kalau kaya gitu ya sama aja kita nggak bakal bisa ngrasain nikmatnya berpuasa dan mungkin hanya rugi aja karena hanya dapet haus dan laper doang. At the end, Intinya Kalau pengen puasa terasa nikmat and dapet banyak manfaat ya harus bener-bener puasanya. So, yukk belajar puasa bareng-bareng and feel the taste (haha.. ^^)

FASTABIQUL KHOIROT…!!! d(^,^)b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar